Get Adobe Flash player

Peta Kecamatan

Renstra 2011

P .e .n .d .a .h. u .l. u. a .n

1.1 Latar Belakang

Kecamatan Wajak merupakan  salah satu dari 33 kecamatan yang berada di wilayah Kabupaten Malang bagian Timur.  Berdasarkan amanat Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2003 tentang Keuangan Daerah, Undang-Undang 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional dan Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah diwajibkan menyusun suatu dokumen perencanaan daerah jangka menengah bersifat strategis yang disebut dengan Rencana Strategis (RENSTRA).

RENSTRA Kecamatan Wajak merupakan bentuk dokumen perencanaan yang mencoba menjawab  pertanyaan dasar tentang siapakah kita? kemana kita akan pergi ? bagaimana kita pergi ? serta menjelaskan  apa makna keberadaan kita ? Dari beberapa pendapat ini dapat disimpulkan bahwa  RENSTRA Kecamatan Wajak dapat membantu organisasi dalam mengungkapkan visi dan mengidentifikasi langkah-langkah menuju Visi tersebut, menciptakan fokus serta kemampuan organisasi terhadap perubahan internal dan eksternal.

Proses Penyusunan RENSTRA  Kecamatan Wajak berdasarkan Permendagri Nomor 54 Tahun 2010 diawali dengan pembentukan Tim Penyusun, pengumpulan /informasi, penyusunan rancangan, perumusan rancangan, pengolahan data/informasi, analisis gambaran pelayanan, perumusan isu-isu strategis, perumusan visi-misi-tujuan sasaran, merumuskan strategi, kebijakan, program dan kegiatan selama 5(lima) tahun, melaksanakan FGD antar bidang pembangunan, penyusunan rancangan akhir, verifikasi, pengesahan Bupati serta penetapan oleh Camat untuk dapat dilaksanakan.

Keterkaitan Renstra Kecamatan Wajak Kabupaten Malang dengan dokumen perencanaan lain dapat dilihat pada gambar dibawah ini.

Gambar  1.1

Keterkaitan antar Dokumen Perencanaan

RPJPD Kabupaten Malang Tahun 2005-2025 merupakan dokumen perencanaan jangka panjang daerah yang menjadi acuan penyusunan dokumen perencanaan jangka menengah (RPJMD). Tahapan dan skala prioritas yang ditetapkan mencerminkan urgensi permasalahan yang akan diselesaikan tanpa mengabaikan permasalahan lainnya, oleh karena itu tekanan skala prioritas dalam setiap tahapan berbeda-beda, tetapi semua harus berkesinambungan dalam rangka mewujudkan sasaran pokok pembangunan jangka panjang.

RTRW Kabupaten Malang berdasarkan Peraturan Daerah Nomor 3 tahun 2010 membagi wilayah pengembangan menjadi 6 WP. Dokumen rencana tata ruang wilayah ini memuat strategi dan kebijakan penataan ruang wilayah yang meliputi:

1) Kebijakan dan strategi perencanaan ruang wilayah

2) Kebijakan dan strategi  penetapan struktur ruang wilayah daerah.

RPJMD Kabupaten Malang Tahun 2010-2015 merupakan penjabaran dari sasaran pembangunan jangka panjang tahap kedua, yang memiliki             8 (delapan) strategi untuk mengimplementasikan agenda pembangunan selama 5 (lima) Tahun  sebagai berikut :

1) Peningkatan akhlak mulia dan kesholehan sosial,

2) peningkatan kelembagaan SKPD dan profesionalisme aparatur,

3) peningkatan sistem informasi hukum  dan komunikasi publik,

4) peningkatan keamanan dan ketertiban masyarakat,

5) peningkatan ketersediaan dan kualitas infrastruktur,

6) peningkatan mutu dan daya saing SDM,

7) peningkatankualitas pertumbuhan ekonomi,

8) Optimalisasi pengelolaan Sumber Daya Alam dan pelestarian fungsi

lingkungan.

RPJMD Kabupaten Malang akan dijabarkan didalam dokumen RKPD yang selanjutnya akan dijadikan pedoman dalam penyusunan APBD dan penyusunan renstra SKPD.

RENSTRA Kecamatan Wajak Kabupaten Malang tahun 2011-2015 merupakan bagian integral dari RPJMD Kabupaten Malang tahun 2010- 2015 yang pelaksanaannya akan  dijabarkan didalam Rencana Kerja Kecamatan Wajak setiap tahun mulai tahun 2011 sampai dengan  tahun 2015.

Renja SKPD menjadi acuan untuk penyusunan RKA-SKPD (Rencana Kerja Anggaran SKPD). Muatan RKA meliputi input (dana, tenaga kerja, fasilitas, dll), kegiatan (proses) dan output/outcome. Sehingga perencanaan dimulai dengan informasi tentang ketersediaan sumberdaya dan arah pembangunan daerah. Critical pointnya adalah menyusun hubungan optimal antara input, proses, dan output/outcome.

1.1 Landasan Hukum

Dalam menyusun Renstra Kecamatan Wajak mengacu pada peraturan per-Undang-Undangan yang berlaku yaitu : 1) landasan idiil Pancasila,                      2) landasan konstitusional UUD’45, serta 3) landasan operasional :

1.      Undang-Undang Nomor 12 Tahun 1950 tentang Pembentukan Daerah-daerah Kabupaten di Lingkungan Propinsi Jawa Timur, sebagaimana telah diubah dengan Undang-Undang Nomor 2 Tahun 1965;

2.      Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2003 tentang Keuangan Negara;

3.      Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional;

4.      Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah, sebagaimana telah diubah terakhir dengan Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2008;

5.      Undang-Undang Nomor 33 Tahun 2004 tentang Perimbangan Keuangan antara Pemerintah Pusat dan Pemerintahan Daerah;

6.      Peraturan Pemerintah Nomor 58 Tahun 2005 tentang Pengelolaan Keuangan Daerah;

7.      Peraturan Pemerintah Nomor 8 Tahun 2008 tentang Tahapan, Tata Cara Penyusunan, Pengendalian dan Evaluasi Pelaksanaan Rencana Pembangunan Daerah;

8.      Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 13 Tahun 2006 tentang Pedoman Pengelolaan Keuangan Daerah, sebagaimana telah diubah dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 59 Tahun 2007;

9.      Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 54 Tahun 2010 tentang Pelaksanaan Peraturan Pemerintah Nomor 8 Tahun 2008 tentang Tahapan, Tata Cara Penyusunan, Pengendalian dan Evaluasi Pelaksanaan Rencana Pembangunan Daerah;

10.   Peraturan Daerah Kabupaten Malang Nomor 1 Tahun 2008 tentang Organisasi Perangkat Daerah; Peraturan Bupati Nomor 40 Tahun 2008 tentang Organisasi Daerah Kecamatan ;

11.   Peraturan Daerah Kabupaten Malang Nomor 6 Tahun 2008 tentang RPJPD Kabupaten Malang Tahun 2005-2025.

12.   Peraturan Daerah Kabupaten Malang Nomor 3 Tahun 2010 tentang Rencana Tata Ruang Wilayah Kabupaten Malang;

13.   Peraturan Daerah Nomor 2 tahun 2011 tentang RPJMD Kabupaten Malang Tahun 2010-2015

1.2 Maksud Dan Tujuan

a.    Maksud :

1)    Menjamin keterkaitan dan konsistensi antara perencanaan, penganggaran, pelaksanaan dan pengawasan di Kecamatan Wajak pada setiap tahun anggaran selama 5 (lima) tahun ;

2)    Memberikan arah bagi perencanaan dalam jangka lima tahun ke depan ;

3)    Menjamin terciptanya integrasi, sinkronisasi dan sinergi antar   dokumen perencanaan ;

4)    Menjamin tercapainya penggunaan sumberdaya secara efektif, efisien,  dan berkelanjutan ;

5)    Memberikan indikator untuk melakukan evaluasi kinerja pembangunan daerah.

b.    Tujuan :

1)    Tersedianya dokumen perencanaan jangka menengah   yang merupakan penjabaran visi-misi Kecamatan Wajak untuk mewujudkan keadaan yang diinginkan selama  periode 5 (lima) tahun mendatang ;

2)    Sebagai pedoman/acuan dalam penyusunan Rencana Kerja (RENJA) tahunan bagi Kecamatan Wajak

1.4 Sistematika Penulisan

BAB I PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
1.2 Landasan Hukum
1.3 Maksud dan Tujuan
1.4 Sistematika Penulisan
BAB II GAMBARAN PELAYANAN KECAMATAN WAJAK
2.1 Tupoksi Struktur Organisasi
2.2 Sumberdaya
2.3 Kinerja Pelayanan
2.4 Tantangan dan Peluang
BAB III ISU–ISU STRATEGIS BERDASARKAN TUGAS DAN FUNGSI
3.1 Identifikasi Permasalahan berdasarkan Tupoksi
3.2 Telaah Visi Misi RPJMD Kabupaten Malang Tahun 2010-2015
3.3 Penentuan isu-isu Strategis
BAB IV VISI MISI, TUJUAN, SASARAN STRATEGI DAN KEBIJAKAN
4.1 Visi dan Misi
4.2 Tujuan dan Sasaran Jangka menengah
4.3 Strategi dan Kebijakan
BAB V RENCANA PROGRAM DAN KEGIATAN, INDIKATOR KINERJA KELOMPOK SASARAN DAN PENDANAAN INDIKATIF
BAB VI INDIKATOR KINERJA KECAMATAN YANG MENGACU PADA TUJUAN DAN SASARAN RPJMD
BAB VII PENUTUP

G a m b a r a n   P e l a y a n a n

2.1 Tugas Dan Fungsi Organisasi

a.    Tupoksi :

Kecamatan sebagaimana Peraturan Daerah Kabupaten Malang Nomor 40 Tahun 2008 tentang Organisasi Daerah Kecamatan, mempunyai tugas dan fungsi yang cukup  strategis,  hal ini karena fungsi Kecamatan bukan lagi sebagai perangkat wilayah melainkan merupakan perangkat Dareah yang diperkuat dengan  beberapa pejabat struktural eselon III dan IV, sehingga secara umum tugas dan fungsi organisasi Kecamatan dapat diuraikan sebagai berikut : 1) Sebagai pembina administrasi Umum dan Pemerintahan. 2) Memberikan rekomendasi perijinan.  3) Memberikan pembinaan dan pengawasan terhadap pelaksananan pembangunan, pemerintahan dan Kemasyarakatan,                  4) Memberikan pelayanan legalisasi Kartu Penduduk dan Kartu keluarga.                         5) Memberikan pelayanan umum  terkait dengan  peningkatan SDM dan kesejahteraan masyarakat, 6)  Selain tugas sebagaimana tersebut diatas, melaksanakan juga urusan pemerintahan yang dilimpahkan oleh Bupati, 7) Dalam melaksanakan tugas pokoknya Camat bertanggung jawab kepada Bupati.

b.    Struktur Organisasi Kecamatan Wajak

Susunan Organisasi Pemerintah Kecamatan saat ini berdasarkan Peraturan Bupati Malang Nomor 40 Tahun 2008 dapat dilihat pada gambar dibawah ini.

Gambar  2.1

Struktur Organisasi Kecamatan

2.1 Sumberdaya Kecamatan Wajak

a.    Sumber Daya Manusia Aparatur

Tabel 2.1

Kondisi SDM Aparatur berdasarkan

Pendidikan, Pangkat dan Eselon

Pendidikan Pangkat Eselon
Jenjang Jumlah Jenjang Jumlah Jenjang Jumlah
S2 1 Pembina 1 III/a 1
S1 6 Penata TK.I 2 III/b 1
SMA 6 Penata 2 IV/a 3
SMP . Penata Muda 3 IV/b 3
Penata Muda TK.I 4
Pengatur Muda 2
Pengatur Muda TkI
Jumlah 13 13 8
Kelompok Jabatan Fungsional yang ada
-       Penyuluh pertanian                                = 6  orang
-       Pengamat Hama & Penyakit tanaman =  1  orang
-       Penyuluh Peternakan                            =  2  orang
-       PPAI                                                        =   1 orang
-       BLKB                                                       =  5 Orang

Tabel 2.2

Jenis Diklat Penunjang

No Uraian Jumlah
Dilkat Kepemimpinan
PIM II -
PIM III 1
PIM IV 4
Jumlah 5
Diklat Teknis Fungsional 1

b.    Sarana Dan Prasarana

Dalam mendukung kegiatan tugas sehari – hari Kecamatan Wajak memiliki  sarana / prasarana meliputi fasilitas, sebagai berikut:

Tabel 2.3

Kantor dan Perlengkapan Kantor

No Jenis fasilitas Jumlah Keterangan
1. Kantor Kecamatan 1 Baik
2. Pendopo Kecamatan 1 Baik
3. Rumah Dinas Camat 1 Baik
4. Ruang Rapat 1 Baik
5. Panti PKK 1 Baik
6. Ruang Computer 1 Baik
7. Musholla 1 Baik
8. Gudang 1 Baik
9. Area Smoking 1 Baik
10. Meja Kerja 20 Baik
11. Kursi kerja / kursi tamu 20/2 Baik
12. Kursi rapat 100 Baik
13. Papan data 2 Baik
14. Papan kegiatan 3 Baik
15. Kamar mandi 1 Baik
16. Komputer 7 1 RSK /6 Baik
17. Printer 4 Baik
18. Televisi 2 Baik
19. Pesawat telepon 1 Baik
20. Pesawat HT 1 Baik
21. Mesin ketik 3 Rusak
22. Filling Cabinet 3 Rusak
23. Rak arsip 6 Rusak
24. Lemari kayu 4 Baik
25. Lemari besi 3 Baik

Tabel 2.4

Kendaraan Roda 4 dan Roda 2


No Jenis

Kendaraan

Nomor

Polisi

Tahun Perolehan Pemakai
1 Toyota Kijang N 1015 DP 2003 Camat
2 Susuki APV N 432 DP 2008 Sekcam
3 Sepada motor N 2705 DP 2002 Kasi.Pemerintahan
4 Sepada motor N 2002 Kasi Trantibum
5 Sepada motor N 2691 DP 2002 Kasi Ekbang & Pem.Perempuan
6 Sepada motor N 2693 DP 2002 Kasi Pertanahan dan Aset
7 Sepada motor N3494 DP 2002 Kasi Sosial & Kepemudaan
8 Sepada motor N 2840 DP 2003 Kepala Desa Wajak
9 Sepada motor N 9846 FG 2003 Kepala Desa Ngembal
10 Sepada motor N 9870 FG 2003 Kepala Desa Sukoanyar
11 Sepada motor N 3501 DP 2003 Kepala Desa Kidangbang
12 Sepada motor N 3490 DP 2003 Kepala Desa  Sukolilo
13 Sepada motor N 3429 DP 2003 Kepala Desa Blayu
14 Sepada motor N 3497 DP 2003 Kepala Desa Codo
15 Sepada motor N 3491 DP 2003 Kepala Desa Dadapan
16 Sepada motor N 9871 FG 2005 Kepala Desa Bringin
17 Sepada motor N 3500 DP 2004 Kepala Desa Patokpicis
18 Sepada motor N 3493 DP 2004 Kepala Desa Bambang
19 Sepada motor N 3517 DP 2003 Kepala Desa Wonoayu
20 Sepada motor N 9757 FG 2004 Kepala Desa Sumberputih

c.    Anggaran Tahun 2006 – 2010 dan Proyeksi 2011-2015

Untuk kelancaran tugas pokok dan fungsi Kecamatan Wajak pada tahun 2006 – 2010 mendapatkan alokasi anggaran APBD Kabupaten Malang secara rinci dapat dilihat pada tabel dibawah ini.

Tabel 2.5

Perkembangan Realisasi Anggaran

Dan Proyeksi Tahun 2011-2015Tahun 2006-2010

REALISASI ANGGARAN
Tahun 2006 Tahun 2007 Tahun 2008 Tahun 2009 Tahun 2010
Anggaran 150.000.000 150.000.000 155.764.000 155.764.000 155.764.000
Pertumbuhan - 0% 4% 0% 0%
Rata-Rata Pertumbuhan - - - - 1%
Tahun 2011 Tahun 2012 Tahun 2013 Tahun 2014 Tahun 2015
PROYEKSI 155.764.000 157.321.640 158.894.856 160.483.805 162.088.643
Pertumbuhan = 1% 1% 1% 1%

Berdasarkan kondisi diatas dapat dijelaskan bahwa anggaran Kecamatan Tahun 2006-2010 memiliki tingkat pertumbuhan rata-rata sebesar 1%, oleh karena itu mengingat kemampuan APBD Kabupaten Malang yang terbatas dibandingkan kompleksitas permasalahan yang ada  maka untuk anggaran Kecamatan Wajak tahun 2011-2015 dapat diproyeksikan rata-rata sebesar 1%.

2.2 Kinerja Dan Pelayanan Kecamatan Wajak

Kinerja dan Pelayanan Kecamatan Wajak tercermin dalam Pelaksanaan Program dan Kegiatan Tahun 2006-2010, secara rinci dapat dilihat pada Tabel dibawah ini:

Tabel 2. 6

Pencapaian Kinerja Pelayanan Kecamatan Wajak

NO INDIKATOR KINERJA TARGET RENSTRA REALISASI CAPAIAN RASIO CAPAIAN
2006 2007 2008 2009 2010 2006 2007 2008 2009 2010 2006 2007 2008 2009 2010
1 Koordinasi, fasilitasi dan motivasi yang mantap  di Bidang Ekonomi Pembangunan & gender, Pemerintahan,  Kesejahteraan Masyarakat, Aset Pertanahan dan keamanan wilayah
2 Tersedianya sarana dan prasarana yang memadai
3 Jumlah pelunasan PBB
4 Tertib perijinan sesuai dengan ketentuan
5 Daya dukung prasarana dan fasilitas pelayanan umum
6 Kinerja tahunan organisasi
Kepuasan masyarakat terhadap pelayanan
7 Jenis-jenis pelayanan yang dapat dilaksanakan
Total 150.000.000 150.000.000 155.764.000 155.764.000 155.764.000 150.000.000 150.000.000 155.764.000 155.764.000 155.764.000 100% 100% 100% 100% 100%

2.3 Tantangan Dan Peluang

a.    Peluang

-       Komitmen Bupati dalam pemberdayaan masyarakat dan peningkatan kualitas prasarana wilayah dan pelayanan publik

-       Adanya Peraturan Bupati yang mendukung pelaksanaan tupoksi Kecamatan

-       Partisipasi Masyarakat dalam pembangunan

-       Ditetapkannya Kecamatan Wajak sebagai sentra pengembangan Kawasan minapolitan.

b.    Tantangan

-       Tuntutan kualitas penyelenggaraan pelayanan publik dan akuntabilitas pemerintahan

-       Belum optimalnya koordinasi dengan dan antar Dinas Teknis terkait

-       Masih rendahnya pemahaman masyarakat terhadap kebijakan Pemerintah

Isu – Isu  Strategis  Berdasarkan  Tugas  dan  Fungsi

3.1 Identifikasi Permasalahan Berdasarkan Tupoksi

Permasalahan Kecamatan Wajak dalam melaksanakan tupoksinya adalah masih lemahnya/belum optimalnya pola Koordinasi fasilitasi, Motifasi lintas sektor di setiap Tupoksi Pemerintahan, Ekonomi Pembangunan, Kesejahteraan Masyarakat, Aset  Pertanahan dan keamanan wilayah yang disebabkan :

a.    Kualitas SDM yang belum memadai;

b.    Etos kerja yang belum terbina secara optimal

c.    Terbatasnya sarana dan prasarana pelayanan.

d.    Belum tertib dan lemahnya sistim administrasi perkantoran

3.2 Telaah Visi Misi RPJMD Kabupaten Malang Tahun 2010-2015

Pemerintahan Kecamatan merupakan bagian integral dari Pemerintahan Kabupaten Malang, oleh karena itu sistem perencanaan program kegiatan Kecamatan juga merupakan bagian tidak terpisahkan dari program kegiatan Pemerintah Kabupaten Malang.

Penyerahan  urusan di berbagai bidang kepada Pemerintah Daerah dilandaskan pada peraturan perUU tidak terkecuali dalam hal regulasi kelembagaan pemerintahan daerah. Yang berkaitan langsung dengan kelembagaan Pemerintahan Daerah yaitu PP 41 tahun 2007 tentang pedoman Organisasi Perangkat Daerah dan PP Nomor 19 tahun 2007 tentang Kecamatan, yang implementasinya diapresiasikan melalui Perda Nomor 1 tahun 2008.

Berkaitan dengan hal tersebut diatas Bupati melimpahkan sebagian kewenangan kepada camat sebagai perangkat daerah untuk menyelenggarakan bidang pemerintahan, bidang pembangunan dan bidang kemasyarakatan di wilayah Kecamatan.

Sebagaimana diketahui Visi RPJMD Kabupaten Malang tahun 2010 – 2015 : Terwujudnya masyarakat kabupaten Malang yang mandiri, Agamis, Demokratis, Produktif, maju, Aman, Tertib dan Berdaya Saing (MADEP MANTEB)  yang disahkan menjadi Peraturan Daerah Nomor 2 Tahun 2011 ini menjadi dasar penyusunan rencana stategis (jangka menengah) Kecamatan pada umumnya termasuk Kecamatan Wajak.

Kecamatan Wajak terletak di bagian barat wilayah Kabupaten Malang dengan luas wilayah 94,56 Km2, jumlah penduduk 81.055 orang, tingkat kepadatan penduduk 857 orang/Km2.  Mata pencaharian penduduk mayoritas sebagai buruh tani, pedagang, perkebunan, buruh pabrik dan buruh bangunan.

Kecamatan Wajak selain ditetapkan sebagai kawasan minapolitan juga Memiliki potensi Ekonomi yang lain  berupa produk-produk unggulan antara lain sebagaimana dalam tabel dibawah ini.