SELAYANG PANDANG

SELAYANG PANDANG

Selamat datang di situs Kecamatan Wajak Kabupaten Malang. Kecamatan Wajak  adalah salah satu Kecamatan di Kabupaten Malang  dan merupakan Kecamatan yang dikenal sebagai daerah yang kaya akan potensi diantaranya dari pertaniannya. Disamping itu juga dikenal dengan kerajian tikar mendong dan tampar mendongnya

 

SEJARAH

Asal mula Kecamatan Wajak pada jaman dahulukala adalah Darungan salah satu nama Dusun di desa Wajak yang sekarang dikenal sebagai Dusun Jaruman.

Pada saat itu desa Darungan merupakan salah satu desa ditengan hutan belantara dan di hutan belantara tersebut banyak sekali tumbuh Buah Wajak ( semacam Buah Kolang-kaling) karena sangat terkenal enak dan sangat banyak tumbuh di sekitar Desa Darungan akhirnya orang sekitar menamakan hutan Wajak, dan setelah perkembangan jaman dan berkembangnya penduduk di sekitar hutan tersebut, akhirnya  Desa Darungan berkembang menjadi Darungan dan Desa Wajak , Wajak lebih dikenal oleh masyarakat karena lebih ramai daripada Darungan dann merupakan pusat perekonomian .

Waktu terus berpacu Desa Wajak semakin berkembang dan penduduk semakin meluas hingga muncul Desa- desa disekitar Wajak antara lain Desa Sukoanyar Desa Ngembal Desa Blayu Desa Codo dan karena tempat Desa Wajak yang di pandang paling strategis maka Desa Wajak dijadikan Ibu Kota Kecamatan yang sampai saat ini menjadi Kecamatan Wajak.

 

Produk-produk selain tikar dan tampar mendong di Kecamatan Wajak :

1. SONGKOK

2. KLOMPEN

3.KECIPUT MURNI

4. ANEKA MAKANAN RINGAN

5.BRONDONG JAGUNG

6.KEJU

7.KERAJINAN PERAK

untuk produk buahnya yang sangat banyak adalah Apokat

dan kini masih dalam program  pengembangan adalah Minapolitan yang mana produk andalan nya adalah Ikan Mina